IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA TK SEBAGAI SUPERVISOR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

Main Authors: Rosni, ., ., Wahyudi, Suib, Masluyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9736
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9736/9512
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang obyektif dan empiris tentang implementasi supervisi akademik oleh kepala TK sebagai supervisor untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pengelolaan pembelajaran di Taman kanak-kanak Negeri Pembina kecamatan Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan bersifat deskriptif data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, tidak menekankan pada angka. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan supervisi akademik dibuktikan dengan kelibatan wakil kepala TK dan guru-guru dalam menyusun perencanaan yang memuat tujuan supervisi untuk mengetahui secara jelas kemampuan guru dalam mengajar, sasaran supervisi untuk semua guru diutamakan pada guru-guru yang akan naik pangkat, pengorganisasian kegiatan dalam memperbaiki proses pembelajaran sesuai kebutuhan guru. Kata Kunci: Supervisi Supervisor, Kreativitas, Pengelolaan ,Pembelajaran. Abstract: This research is motivated observations while interesting enough to be studied is the head of State of Trustees of the sub-district kindergarten South Pontianak able to plan, execute and follow up supervision of education programs, classroom supervision programs to enhance the creativity of the teacher in the management of learning. The method used in this study uses qualitative research. While the research setting is housed in kindergarten. Southern District of Trustees of State data sources kindergarten head, deputy head of the kindergarten and the teachers. Data collection tool used was direct observation, interview and documentation. Data analysis techniques used include data collection, data reduction, data presentation and conclusion. While the technique of checking the validity of the data that researchers use is an extension of the observation Keywords: Supervisor Teachers to Enhance Creativity, Learning Management