PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN METODE INKUIRI DI SMA
Main Authors: | Rahmat, ., Heryana, Nanang, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9547 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9547/9375 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentatif menggunakan pendekatan saintifik dan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA PGRI I Pontianak tahun pembelajara. Penelitian ini dilatarbelakangi lemahnya keterampilan siswa menulis paragraf argumentatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Metode dan bentuk yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Sumber data adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X. Data penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, serta hasil menulis paragraf argumentatif. Teknik yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Hasil belajar siswa pada pretes dengan rata-rata 58.3. Hasil menulis pada siklus I dengan rata-rata 71.6. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II dengan rata-rata 75. Berdasarkan data hasil menulis siswa, dari siklus I kesiklus II juga mengalami peningkatan. Kata kunci: Menulis Paragraf Argumentatif, Pendekatan saintifik, metode Inkuiri Abstract: This study aims to improve the skills of writing argumentative paragraphs using scientific approaches and methods of inquiry in class X SMA PGRI I Pontianak in learning. This research is motivated weak students write a paragraph argumentative skills. This type of research is a classroom action research (CAR) conducted in two cycles. Methods and forms used is descriptive qualitative. Sources of data are subject Indonesian teachers and students of class X. The data of this study is the planning, implementation, and results of writing argumentative paragraphs. The technique used is the technique of testing and nontes. Student learning outcomes in the pretest to the average 58.3. Results write in the first cycle with an average of 71.6. While the average value of the second cycle with an average of 75. Based on the data of the student's writing, from the first cycle to cycle II also increased. Keywords: Paragraphs Argumentative Writing, Using scientific approaches,methods of inquiry