PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENGENALAN BAGIAN POHON KELAPA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Lusmini, ., Endang, Busri, Yuniarni, Desni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9462 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9462/9345 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan umum dalam penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pengenalan Bagian Pohon Kelapa pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran Pengenalan Bagian Pohon Kelapa pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 2 (dua) kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas terhadap 20 orang dengan prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pengenalan Bagian Pohon Kelapa pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Sanggau Ledo. Persentase ketuntasan yang di tentukan peneliti adalah 100%. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil persentase siklus pertama pertemuan ketiga ada 9 anak atau 48% dalam Menciptakan berbagai bentuk menggunakan lidi, 11 anak atau 57% Menganyam menggunakan daun kelapa, Kata Kunci : Kreativitas Anak, Pohon Kelapa. Abstract: The general objective of this research is: To enhance the musical intelligence through playing percussion instruments in children aged 5-6 years in kindergarten Abdi Agape Pontianak. This study was done to improve the process of learning to play percussion instruments in children aged 5-6 years in kindergarten Abdi Agape Pontianak. Classroom action research was conducted in two cycles. At each cycle executed three (3) meetings. The method used is descriptive method to form a class action research to 20 people with the procedure consisted of: preparation, execution, observation or observation, and reflection. The results showed that there is an increasing musical intelligence in children aged 5-6 years in kindergarten Abdi Agape Pontianak through activities play a percussion instrument. Percentage of completeness that investigators determined was 100%. This is evident from the results of the third meeting of the percentage of first cycle there are 9 children or 45% in singing while playing a percussion instrument, 11 children or 58% make use of rhythmic sound of percussion instruments, and 14 children or 72% sync songs with percussion instruments. Keywords: Musical Intelligence, Playing Percussion Instrument.