TEACHING READING DESCRIPTIVE TEXT USING HERRINGBONE TECHNIQUE
Main Authors: | Margaretta, ., ., Ihksanudin, Husin, Syarif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9356 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9356/9252 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari Tekhnik Herringbone dalam mengajar membaca teks deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Pre-Experimental. Peneliti mengambil kelas VIIIC yang berjumlah 34 siswa sebagai sampel. Berdasarkan data, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 5. 87 sedangkan nilai rata-rata siswa pada post-test adalah 7. 8. Keefektifan dari Herringbone Technique ini dikatergorikan besar. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan rumus effect size yang menunjukkan bahwa d ≥ 0.8 (1. 72). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengajaran reading descriptive text menggunakan herringbone technique ini efektif. Kata kunci: Keefektifan, Teknik Herringbone, Pre Experimental Abstract: This research is aimed at describing the effectiveness of Herringbone Technique in teaching reading descriptive text. The method that is used to collect the data is Pre-Experimental. The researcher takes VIII C which consist of 34 students as the sample. Based on the data, the researcher found out that the students’ mean score of pre-test is 5. 87 while the students’ mean score of post-test is 7. 8. The effectiveness of Herringbone Technique is categorized as large. It was proven by the result of effect size which shown that d ≥ 0.8 (1. 72). Based on the research findings, it can be concluded that teaching reading descriptive text using Herringbone Technique is effective. Keywords: Effectiveness, Herringbone Technique, Pre Experimental