MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD

Main Authors: Rahmah, Siti, ., Fadillah, ., M. Syukri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9254
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9254/9162
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak anak-anak di PAUD Mekar Baru Nanga Pinoh sekitar 70 % dari 15 anak belum mampu menunjukkan perilaku prososial diantaranya kurangnya tindakan suka berbagi sesama teman, belum mampu menunjukkan sikap mau kerjasama, kurang sikap suka menolong. Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriftif. Subjek Penelitian adalah anak-anak pada kelompok B yang berjumlah 15 (lima belas) orang yang terdiri dari 4 (empat) orang laki-laki dan 11 (sebelas) orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui data yang diperoleh setelah dilakukan proses analisis data, secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dengan skor 3,00. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan skor 2,98. 3) Hasil peningkatan perilaku prososial anak antara lain: a) Anak memiliki perilaku mau berbagi meningkat sebesar 53 %. b) Anak memiliki perilaku mau menolong meningkatkan sebesar 87 %. c) Anak memiliki perilaku suka menolong meningkat sebesar 53 %. Kata Kunci: Perilaku Prososial, Metode Sosiodrama Abstact: This reseacrh is motivated by many childrens in PAUD Mekar Baru Naga Pinoh approximately 70 % of the 15 children have not been able to show such a lack of action prosocial behavior like sharing among friends, not able to show the attitude of willing cooperation, less attitude of helpfulness. This reseacrh is a form of classroom with descriptive method. The reseacrh subjects were children in group B, amounting to fifteen consisting of four men and eleven women. Based on the research that has been done and through the data obtained after the data analysis process , in general it can be concluded that: 1) Planning learning with a score of 3,00. 2) Implemention of learning with a score of 2,98. 3) The result of an increase in prosocial behavior children include: a) The child has behavioral 'd share increased by 53 % . b ) The child has behavior would help increase by 87 % . c ) The child has behavior helpfulness increased by 53 % .Keywords : Behavior Prosocial, Methods Sociodrama