PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK
Main Authors: | Dewi, Nia Rachma, ., Fadillah,, Astuti, Indri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9246 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9246/9154 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif tentang penerapan model pembelajaran kontekstual pada anak usia 5-6 tahun, baik dari perencanaan, pelaksanaan, kelebihan dan kekurangan pelaksanaan dalam menerapkan pembelajaran kontekstual pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Pontianak Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian adalah 2 orang guru kelompok B2 dan anak kelompok B2 yang berjumlah 28 anak. Dari penelitian yang telah dilakukan, perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah memilih dan menyiapkan bahan main yang dekat dengan kehidupan anak, pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sudah sesuai dengan RKM dan RKH yang telah dirancang sebelumnya, hal ini memudahkan guru untuk menyampaikan apersepsi pembelajaran, kelebihan dari pelaksanaan pembelajaran kontekstual, guru dapat menghadirkan suasana nyata dalam menyampaikan kegiatan apersepsi pada awal pembelajaran sehingga anak dapat dengan mudah memahami pembelajaran yang diberikan guru, serta kekurangan dari pelaksanaan pembelajaran kontekstual yaitu guru kurang mengerti konsep pembelajaran kontekstual. Kata kunci: Model kontekstual, usia 5-6 tahun. Abstract: This study aimed to describe on the application the model of contextual learning in children 5-6 years old, both in the planning, implementation, advantages and disadvantages of implementation applying contextual learning in children 5-6 years in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Southeast Pontianak. This study uses descriptive qualitative approach. Samples were 2 groups of teachers and children B2 groups totaling 28 children. From the research that has been done, lesson planning done by the teacher has to select and prepare the main ingredient that is close to the child's life, the implementation of which is carried out by the teacher teaching is in conformity with the RKM and RKH which has been designed, it is easy for teachers to deliver lessons apperception, excess of the implementation of contextual learning, teachers can bring real atmosphere in delivering apperception in early learning activities so that children can easily understand the teaching, and weakness implementation of contextual learning by teachers is teachers do not understand the concept of contextual learning. Keywords: Model contextual, 5-6 years old.