PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI REPRESENTASI DI SMP

Main Authors: Isnurani, ., ., Sugiatno, Yani, Ahmad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9198
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9198/9115
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan penalaran matematis siswa terkait dengan materi keliling persegi panjang setelah mereka diberikan pembelajaran berbasis multi representasi di kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Suster Pontianak sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siwa berdasarkan pretes dan postes setelah diajarkan melalui pembelajaran berbasis multi representasi melalui sajian enaktif, ikonik, dan simbolik (eksperimen 1) maupun sajian simbolik, ikonik, dan enaktif (eksperimen 2); dan (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan postes antara mereka yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis multi representasi melalui sajian enaktif, ikonik, dan simbolik (eksperimen 1) maupun melalui sajian simbolik, ikonik, dan enaktif (eksperimen 2). Kata kunci: Penalaran Matematis, Multi Representasi Abstract: The purpose of this research is to find out the development of student’s mathematical reasoning in associated to rectangular circumference material after giving them the multi representation based learning in Class VII Junior High School. The method used is experimental using Pretest-Posttest Control Group Design. The sample in this research is the students of Class VII SMP Suster Pontianak totaled 2 Class which are Class VII B as 1st experiment class and the students of Class VII C as 2nd experiment class. The result are : (1) there are the differences of student’s mathematical reasoning based on Pretest and Posttest after giving them the multi representation based learning through enactive, iconic, and symbolic (1st experiment) and through symbolic, iconic, and enactive (2nd experiement); and (2) there is no differences of student’s mathematical reasoning based on postest which been taught to them through the multi representation based learning by enactive, iconic, and symbolic (1st experiment) and even by symbolic, iconic, and enactive (2nd experiement). Keywords: Mathematical Reasoning, Multi Representation