PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Indarini, Diah, ., Marmawi R, ., Sutarmanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9164 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9164/9089 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains melalui pembelajaran kontekstual pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Gemilang Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Dari kegiatan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan sains melalui pembelajaran kontekstual memperoleh nilai 3,7 dengan kategori sangat baik. Perencanaan yang telah dilakukan guru adalah: menentukan tema, TPP, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, hasil belajar, dan langkah-langkah pembelajaran, pengorganisasian kegiatan, merencanakan penilaian, dan RKH 2) Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan sains melalui pembelajaran kontekstual memperoleh nilai 3,85 dengan kategori sangat baik 3) Dari hasil observasi penilaian anak, melalui pembelajaran kontekstual terdapat peningkatan 80% terhadap kemampuan sains pada anak. Kata Kunci : Peningkatan kemampuan sains, Pembelajaran Kontekstual Abstract: The purpose of this research is to improve the ability of science through contextual learning in children aged 5-6 years in early childhood Gemilang Pontianak. This research is a form of action research with descriptive method. Of research activities obtained the following results: 1) Planning to improve science learning through contextual learning gain value of 3.7 with very good category. Planning is a teacher who has done: determine the theme, TPP, basic competencies, indicators, learning objectives, learning outcomes, and learning steps, organizing activities, assessment plan, and RKH 2) Implementation to improve science learning through contextual learning gain value 3.85 with a very good category 3) From the observation of the child assessment, through contextual learning there is an increase of 80% in the ability of science to children. Keyword : Increasing the capability of science, Contextual Learning