MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD

Main Authors: Permatasari, Setya, Kresnadi, Hery, Asran, Mastar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9079
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9079/9030
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9079/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk mencari kejelasan tentang motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya di kelas V SDN 12 Kecamatan Pontianak Utara dengan metode eksperimen. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas Semua itu dilakukan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PTK siklus I motivasi belajar siswa masuk dalam kategori cukup dengani rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 62,44%. Pada PTK Siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 69,88% dengan kategori cukup, kemudian setelah pelaksanaan PTK Siklus III motivasi belajar siswa meningkat menjadi 77,58% dengan kategori baik. Begitu pula dengan pencapaian hasil belajar siswa, pada PTK Siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 57,69 dan termasuk kualifikasi kurang. Kemudian pada PTK Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 67,69 dan termasuk kualifikasi baik. terakhir setelah pelaksanaan PTK Siklus III hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi sebesar 75 dan dianggap termasuk kualifikasi baik. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Motivasi, Hasil Belajar. Abstract: The purpose of action research is to seek clarity about motivation and learning outcomes of students in science learning materials in class V style SDN 12 District of North Pontianak with the experimental method. Methods of research used descriptive method with all action research approach was undertaken to improve the learning conditions performed. The results showed that in the first cycle of PTK student motivation in the category dengani fairly average student learning activities by 62.44%. In Cycle II PTK student motivation increased to 69.88% with enough categories, then after the execution of the TOD Cycle III students' motivation increased to 77.58% with both categories. Similarly, the achievement of student learning outcomes, the PTK Cycle I obtained an average value of student learning outcomes at 57.69 and including qualification less. Later on TOD Cycle II the average value increased to student learning outcomes for 67.69 and includes a good qualification. last after the implementation of the third cycle of PTK student learning outcomes be increased again by 75 and is considered to include both qualifications. Keywords: Experimental Methods, Motivation, Learning Outcomes.