REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN OPEN-ENDED QUESTION PADA MATERI HUKUM NEWTON

Main Authors: Anggraini, Radhiah, Sutrisno, Leo, B. Arsyid, Syaiful
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9044
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9044/8986
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remediasi menggunakan open-ended question terhadap persentase penurunan miskonsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pontianak pada materi hukum Newton. Untuk itu digunakan metode berbentuk pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design yang melibatkan sampel sebanyak 31 siswa yang diambil dengan teknik intact grup. Data diperoleh menggunakan 6 buah soal essai dengan 3 buah indikator. Diperoleh persentase rata–rata penurunan miskonsepsi sebesar 44,84% pada tiap konsep dan 47,31% pada tiap siswa. Digunakan uji statistik McNemar dan binomial untuk melihat tingkat signifikansi penurunan miskonsepsi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa kegiatan remediasi menggunakan open-ended question memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton (hukum I Newton (14,06) > (3,841) taraf signifikansi 5% dan dk = 1; hukum II Newton koefisien binomial (0,09) > taraf kesalahan 0,05 (α = 5%); hukum III Newton (7,56) > (3,841) taraf signifikansi 5% dan dk = 1). Remediasi miskonsepsi menggunakan open-ended question dapat menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. Kata kunci: remediasi, open-ended question, hukum Newton Abstract: Pre-experimental method with one group pre-test post-test design was conducted to investigate the effect of remedial activity by using open-ended question to reduce the percentage of misconceptions about Newton’s Law in Junior High School Student. Using intact group method, 31 students were chosen to be the participants in this study. Data was collected by using 6 essay tests which represented 3 indicators and was given during the pre-test and post-test activity. It was found that the average percentage of minconception reduction was 44,84% on each concept and 47,31% on each student. Statistic Analysis results indicate that remediation using an open-ended question significantly influence students’ misconception reduction (Newton’s I law (14,06) > (3,841) significance level 5% with df = 1; Newton’s II law binomial coefficients (0,09) > error level 0,05 (α = 5%); Newton’s III law (7,56) > (3,841) significance level 5% with df = 1). It is suggested that an open-ended question can be used as an alternative remediation to reduce students misconceptions on Newton's laws. Keywords: remediation, open-ended question, Newton’s law