PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR

Main Authors: Suhaidi, ., ., Kaswari, Asran, Mastar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8918
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8918/8869
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pada hampir pembelajaran adalah proses timbal balik intelektual antara guru dan siswa, dalam unit guru belajar sebagai salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini mencoba untuk menggambarkan peningkatan aktivitas fisik, mental dan emosional pembelajaran siswa dalam studi ilmu alam .Ini menggunakan metode deskriptif, dalam bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) .Ini adalah penelitian kolaborasi dan subyek dalam penelitian ini adalah siswa an hasil penelitian menunjukkan aktivitas fisik meningkat 28,33% dan meningkat 19,17% pada siklus dua .Sementara dalam kegiatan mental meningkat satu siklus 15% dan meningkat 16,67% pada siklus 2 .Pada meningkatkan aktvitas siswa emosional pada saat siklus satu dan 15,83% dan meningkat menjadi 16,67% pada siklus dua .Ini berarti penelitian pada setiap siklus mengalami peningkatan kinerja berdasarkan indikator. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Kegiatan Belajar, Metode inkuiri Abstract: On virtually the learning is a process of intellectual reciprocal between teachers and students, in a unit of learning teachers as one of important component to the learning process. This study attempts to described the increase in physical activity, mental and emotional learning of students in natural sciences .This study using methods descriptive, in the shape of research namely research the act of a class (PTK) .This research is collaboration and the subjects in this study were students .The research results show physical activity increased by 28,33 % in and increased 19,17 % in the cycle of two .While in mental activity increased one cycles 15 % in and increased 16.67 % in the cycle of 2 .On improving the emotional aktvitas students at the time the cycle of one and 15,83 % and increasing into 16.67 % in the cycle of two .It means research on every cycle experienced an increase in performance based on an indicator. This indicates that learning uses the inkuiri method can increases the activity of students. Key Words : Natural Sciences, Learning Activity, Inkuiri Method