PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD
Main Authors: | FAUZI, FAUZI, Asran, Mastar, Kaswari, Kaswari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8830 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8830/8796 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitasbelajar siswa dalam pembelajaran IPS materi “Pembagian waktu wilayah Indonesia”di kelas V SDN 38 Pontianak Utara menggunakan Model kooperatif teknik bertukarpasangan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajarsiswa dan kinerja guru dengan model kooperatif teknik bertukar pasangan. Metodeyang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakankelas, sifat penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasilpenelitian yang diperoleh aktivitas siswa dari siklus 1 yaitu 58,11%, dan siklus 2 yaitu80,66%. Kinerja guru dari siklus 1 yaitu 3,01 dan siklus 2 yaitu 3,75. Dengandilaksanakannya model kooperatif teknik bertukar pasangan terlihat aktivitas siswadan kinerja guru mengalami peningkatan.Kata kunci : Aktivitas, Kooperatif Bertukar Pasangan, IPSAbstract: The research problem is how is the increasing of students’ learning activityin learning social science material “Time in Indonesian” in the fifth grade of SDN 38Nouth Pontianak by using role-play technique?. The research purpose is to describethe increasing of students’ learning activity and teacher’s task by using role-playtechnique. Method of this research is descriptive, by using classroom action research,collaborative. This research is alone two circles. Research result is students’ activityof the first is 58,11% and the second circle is 80,66%. Teacher’s task of the first circleis 3,01 and the second circle is 3,75. By conducting cooperative model role-play, itseems that students’ activity and teacher’s task increased.Keywords: Activity, Cooperative Change over Couple, IPS