ANALISIS PENGGUNAAN VARIASI METODE MENGAJAR OLEH GURU SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA

Main Authors: Nasution, Novia Hendiani, Bahari, Yohanes, Salim, Izhar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8828
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8828/8794
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan, “Bagaimana Penggunaan Variasi Metode Mengajar Oleh Guru Sosiologi kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 1 Sungai Raya Kab. Kubu Raya” Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif menggunakan bentuk kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa pedoman observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh metode mengajar apa saja yang digunakan oleh guru sosiologi.Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti terhadap guru sosiologi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, dapat disimpulkan disaat proses mengajar guru menggunakan metode mengajar secara berimbang yang artinya guru didalam menggunakan metode mengajar disesuaikan dengan komposisinya agar siswa dapat mengerti dengan materi yang disampaikan. Kata Kunci : Variasi Metode Mengajar, Guru Sosiologi Abstract: This study aims to identify and describe, "How to Use Variation Method of Teaching By Master Sociology class XI IPS 3 SMAN 1 Sungai Raya Regency of Kubu Raya "This study was conducted using descriptive study using qualitative form. Techniques used in this research is the observation and documentation techniques with data collection tool in the form of the observation and interviews. From the results obtained by the methods of teaching are to be used by teachers sosiologi.Dari interviews and observations conducted by researchers of the sociology teacher in class XI IPS 3 SMAN 1 Sungai Raya Regency of Kubu Raya, it can be concluded when the process of teaching teachers to teach in a balanced using the means teachers in the use of teaching methods adapted to the composition so that students can understand the material presented. Keywords: Variation Method of Teaching, sociology teacher