PENGGUNAAN TOILET TRAINING UNTUK PENGENALAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK PEMBINA

Main Authors: Atiqah, Mar`atul, Astuti, Indri, Miranda, Dian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8818
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8818/8787
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan umum dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan penggunaan Toilet Traininguntuk peningkatan pengenalan pendidikan seks pada Anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi penelitian adalah TK Negeri Pembina Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya, dan sumber data dan subjek penelitian ialah 1 orang guru dan 20 anak. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Toilet Trainingterbukti dapat meningkatkan kemampuan pengenalan pendidikan seks pada Anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri PembinaRasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Peningkatan kemampuan tersebut ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam mengenal organ seks sebanyak 80%(16 orang anak) mengalami peningkatan signifikan dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), dan pada indikator anak dapat mengenal tentang gender (perbedaan jenis kelamin), dari 20 anak yang diobservasi, sebanyak 15 (75%) anak dinyatakan memerpoleh kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Sedangkan pada indikator anak mampu menjaga dan merawat organ seks, dari 20 anak yang diobservasi, sebanyak 15 (75%) anak dinyatakan memeroleh kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Kata Kunci : Toilet training, Pendidikan seks Abstract: The general objective in this classroom action research was to determine the learning process and the use of Toilet Training to increase the introduction of sex education among children aged 4-5 years in Kindergarten (TK) State Trustees Rasau Jaya Kubu Raya. This type of research is a classroom action research, while the method used is descriptive. Location of the study is the TK Negeri Pembina Rasau Jaya Kubu Raya, and sources of data and research subjects is 1 teacher and 20 childrens. This research was carried out for 2 cycles, and each cycle consisting of 2 meetings. Based on the results of this study concluded that the use of Toilet Training proven to increase the ability of the introduction of sex education among children aged 4-5 years in Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Rasau Jaya Kubu Raya. Increasing the capability demonstrated by the ability of the child to know the sex organs as much as 80% (16 children) increased significantly with Developing criteria Very Good (BSB), and the child can recognize indicators of gender (sex differences), of the 20 children were observed , a total of 15 (75%) stated memerpoleh Developing criteria Very Good (BSB). While the indicators of children are able to maintain and care for the sex organs, of the 20 children who were observed, as many as 15 (75%) of the children expressed obtain criteria Developing Very Good (BSB). Keywords: Toilet training, sex education