PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDIREKSI MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA DI SMP NEGERI
Main Authors: | F09112020, Supardi, Ghozali, Imam, Fretisari, Imma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8778 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8778/8738 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan mendireksi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Selimbau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan metode diskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap 25 orang siswa Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Tahapan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini secara umum dapat dinyatakan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa mendireksi yang dilakukan dengan cara guru memberi contoh atau mendemonstrasikan terlebih dahulu selanjutnya dalam latihan siswa di pandu oleh tutor yang dipilih dari teman sekelasnya yang mempunyai kemampuan lebih. Kata Kunci : Kemampuan Mendireksi, Metode Demonstrasi, Tutor Sebaya Abstract: This research aimed to describe the application of methods of demonstration with peer tutors approach in improving the ability conductor seventh grade students of SMP Negeri 5 Selimbau. This research is a class action using descriptive methods. This research was conducted on 25 students of this research was conducted in two cycles with each cycle consisting of a one-time meeting. Stages of each cycle consisting of planning, implementation, observation phase, and the phase of reflection. The conclusion from this research can generally be stated that the application of the method of demonstration with peer tutoring approach can enhance the students' ability conductor which is done by the teacher gives examples demonstrate beforehand or subsequently in training students guided by tutors who are selected from a classmate who has the ability to more . Keywords: Ability Conductor, Methods Demonstration, Peer Tutor