PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN
Main Authors: | Aminatin, Zul, ., Halini, ., Rustam |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8768 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8768/8730 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi pecahan di kelas VII SMPN 2 Subah. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Control Group Only Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas kontrol dan XB sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS 17.0 for windows diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0.01 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan model konvensional. Berdasarkan perhitungan Effect Size, diperoleh nilai effect size sebesar 0,8 yang artinya model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan kontribusi sedang terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, Kemampuan Koneksi Matematis, STAD This research aims to know the influence of STAD cooperative learning model towards the students mathematical connection ability at a fraction of material in class VII SMP 2 Subah. The method used is Quasi Experimental Design with research design Control Group Only Posttest Design. The sample in this research is students of XA as a control class and XB as a experiment class. Based on t-test using SPSS 17.0 for Windows obtained the Sig. (2-tailed) = 0.01 < α = 0.05 which means that there are significant differences between the mathematical connection ability of students who were given a STAD cooperative learning model and students are given learning using conventional model. Based on Size Effect calculation, the value of the effect size is 0.8, which means STAD cooperative learning model to contribute being on the ability of students' mathematical connections. Keywords: Effect, Mathematical Connections Ability, STAD