PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK SDN 04 BENUA KAYONG

Main Authors: F 34212110, Iskandar, Sabri, Tahmid, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8595
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8595/8599
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8595/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik alam pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Benua Kayong Ketapang. Metode penelitian ini metode deskriptif dengan bentuk survei kelembagaan. Seting dan subjek penelitian dilakukan di dalam kelas subjek penelitian adalah guru dan 30 peserta didik dengan komposisi 10 laki-laki dan 20 perempuan. Siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi langsung dan refleksi. Hasil penelitian adalah: 1 Aktivitas fisik pengamatan awal yaitu 34% pada siklus III 95%, mengalami peningkatan sebesar 61% kategori “tinggi”. Aktivitas mental pengamatan awal yaitu 15% pada siklus III 90%, mengalami peningkatan sebesar 75% kategori “tinggi”. 3 Aktivitas emosional pengamatan awal yaitu 22% pada siklus III 86%, mengalami peningkatan sebesar 64% kategori “tinggi”. Dengan demikian, pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik berdampak positif dan bermakna bagi peserta didik. Kata kunci : Aktivitas, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik Abstract: This research’s problem is how to increase the students activity in thematic learning using scientific approach in SDN 04 Benua Kayong 4th grade can increased?. The purpose of this research is to increase physicaly activity, mentaly activity, and students emotinaly activity. The method of this research is descriptive method with institutional survey form. Researches set and subject do in research subject class is teacher and 30 students with 10 boys and 20 girls composition. The scycle consists of plan, implementation, direct observation and reflection. The result of research is : 1. Initial observations of phisicaly activity is 34%, on 3rd cycle become 95%, increase 61%, “High Category”. 2. Initial observations of mentaly activity is 15%, on 3rd cycle become 90%, increase 75%, “High Category”. 3. Initial observations of emotionaly activity is 22%, on 3rd cycle become 86%, increase 64%, “High Category”. Thematic learning using scientific approach make positive impact and meaningful for students. Keyword: Activity, thematic learning, scientific approach