PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA PEMANFAATAN LINGKUNGAN DI KELAS IV
Main Authors: | Meri, Veronika, ., Sugiyono, Tampubolon, Budiman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8528 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8528/8551 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8528/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui media pemanfaatan lingkungan kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Menggunakan media pemanfaatan lingkungan kelas IV?” Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas sifatnya kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan pengukuran, Alat pengumpulan data. dengan lembar observasi pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat atau observer, data diperoleh diredukasi, disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran Siklus I sebesar 3,28 dan Siklus II sebesar 3,64 (2) Kemampuan guru dalam melaksanakan Pembelajaran Siklus I sebesar 3,46 dan pada Siklus II sebesar 3,87 (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 7,00 dan siklus II sebesar 81,85 Terjadi peningkatan sebesar 1,85. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV. Hasil tes formatif dari 27 orang siswa yang mendapat nilai 40-50 sebanyak 7 Orang, 60-70 sebanyak, 3 Orang, 80-90 sebanyak 17 Orang. Kemampuan guru dalam melaksanakan media pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA terlaksana sesuai dengan apa yang dirancang. Dengan demikian peneliti menggunakan media pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil belajar, Media pemanfaatan lingkungan sebagai Sumber belajar, pembelajaran IPA Abstract : This Research [is] executed as a mean to improve the result learn the student [of] [at] study IPA [of] [through/ passing] environmental exploiting media as source learn [in] class IV. Internal issue this Research [is] " How Make-Up of result learn the student in study IPA Use the environmental exploiting media as source learn [in] class IV ?" Research Method used [by] [is] descriptive method. Form the research used [by] that is research of class action in character kolaboratif. Research executed [by] two cycle. Technique [of] data collecting used [by] that is observation and measurement, data collecting Appliance. with the sheet of perception observation [done/conducted] by coleage or observer, data obtained [by] diredukasi, presented and concluded. Result of research indicate that : ( 1) Ability learn in compiling Plan of Study of Cycle I [of] equal to 3,28 and Cycle II [of] equal to 3,64 ( 2) Ability learn in executing Study of Cycle I [of] equal to 3,46 and [at] Cycle II [of] equal to 3,87 ( 3) Result learn the student [of] [at] cycle I [of] equal to 7,00 and cycle II [of] equal to 81,85 Happen [by] improvement [of] equal to 1,85. Make-Up of result learn the student by using environmental exploiting media as source learn [at] study IPA [in] class of IV. formative Result Tes from 27 student people getting value 40-50 as much 7 People, 60-70 as much, 3 People, 80-90 as much 17 People. Ability learn in executing environmental exploiting media as source learn [at] study IPA executed [by] as according to what designed. Thereby researcher use the environmental exploiting media as source learn [at] study IPA can improve the result learn the student of class of IV. Keyword : Make-Up of, Result learn the, environmental Exploiting media