PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA SD
Main Authors: | F.34212100, Eliana, Halidjah, Siti, ., Rosnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8479 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8479/8498 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8479/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran Ips di kelas I sekolah Dasar Negeri 05 mareseng Pada bulan agustus 2014, didapati hasil belajar IPS siswa masih rendah. hal ini dikarenakan guru dalam mengajar masih mengunakan metode ceramah. Sehubungan kenyataan tersebut perlu dilaksanakan perbaikan atau peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu caranya adalah dengan mengunakan media. Sampel penelitian ini adalah 19 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan IPKG I dan IPKG II.Penelitian ini mengunakan pendekatan kooperatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi studi pendahuluan (observasi awal), perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa angka – angka yang diperoleh dari hasil tes dan pengamatan (observasi langsung). Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPS dengan mengunakan media kartu identitas diri. Instrumen pertama penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengumpul data dengan mengunakan instrumen penunjang berupa lembar observasi. Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Pengelompokkan, Pembelajaran Kooperatif Abstract: The results of preliminary observations made in the learning activities in class I Ips State Primary School 05 mareseng In August 2014, found the results of social studies students are still low. this is because the teacher in teaching still use the lecture method. This fact should be carried out in respect of the repair or improvement of student learning outcomes. One way is to use the media. The sample was 19 students. Data collection tool used IPKG I and IPKG this II.Penelitian using a cooperative approach with the design of classroom action research. The design of this study include a preliminary study (preliminary observations), planning, action, observation, and reflection. This research data in the form of numbers - numbers obtained from the results of tests and observations (direct observation). Source of data in this study were teachers and students in the learning process by using the media IPS identity card. The first instrument of this study is the researchers themselves who act as data collectors using the instrument support in the form of observation sheet. Keywords: Learning activities, learning outcomes, Grouping, Cooperative Learning