PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN BENGKAYANG
Main Authors: | F34211483, Alfonsa, ., Syamsiati, ., Suryani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8478 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8478/8496 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8478/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak :Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode demonstrasi serta Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Medas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas, dan sifat kolaboratif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru selaku peneliti dan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 03 Medas yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 11 siswa dan 15 siswi. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I diperoleh data hasil belajar siswa 50,00 dengan persentase 23% siswa tuntas. Dan pada siklus II diperoleh data hasil belajar siswa 82,30 dengan persentase 100%. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas II Sekolah Dasar Negeri 03 Medas Bengkayang. Kata kunci: metode demonstrasi, hasil belajar IPA. Abstract: The purpose of this study was to describe the ability of teachers in implementing the learning of Natural Sciences using the demonstration as well as to describe the learning outcome of students in the class II State Elementary School 03 Medas. This study used a descriptive method, form a class action research and collaborative nature. Research subjects in this study were teachers as researchers and students of class II State Elementary School 03 Medas totaling 26 people consisting of 11 students and 15 female students. Based on the analysis of data, the data obtained in the first cycle of student learning outcomes 78.69 with a percentage of 23% of students complete. And the second cycle of data obtained student learning outcomes 87.82 with 100% percentage. From the analysis it was concluded that the implementation of the demonstration method can improve student learning outcomes in study Natural Sciences in class II State Elementary School 03 Medas Bengkayang. Keywords: demonstration method, the results of science learning.