PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD
Main Authors: | Sufandi, ., ., Kaswari, Asran, Mastar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8447 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8447/8463 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tanjung Satai. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan bentuk penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah 31 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan guru dalam munyusun RPP dari siklus 1 sampai siklus 2 adalah 0,73. Peningkatan kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran dari siklus 1 sampai siklus 2 adalah 0,77. Peningkatan aktivitas fisik siswa dari siklus 1 sampai siklus 2 adalah 23% dengan kategori “ sangat meningkat”, aktivitas mental sebesar 14% dengan kategori “ sedang” dan aktivitas emosional sebesar 17,84% dengan kategori “ meningkat”. Hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tanjung Satai. Kata kunci : Aktivitas belajar, metode Eksperimen Abstract: This research aims to enhancement of learning activities of learners in learning science in grade IV SDN 01 Tanjung Satai. The research method that used in this research is a descriptive method. Whereas the form of research in this research is a action research. The study sample is 31 students. The research of data analysis showed that the enhancement of teacher to make a RPP from cycle 1 to cycle 2 by 0,37. The enhancement of teacher to teach from cycle 1 to cycle 2 by 0,77. The enhancement physical activity from cycle 1 to cycle 2 by 23% with greatly improved category, mental activity by 14% with moderate category and emotional activity by 17,48% with increased category. This suggests that experimental method can enhancement of learning activities of learners in learning science in grade IV SDN 01 Tanjung Satai. Keywords: Learning activity, experimental methods