PENINGKATAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 MATAN HILIR SELATAN KETAPANG

Main Authors: Anita, ., ., Fadillah, Yuniarni, Desni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8445
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8445/8461
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Kelumpang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan bentuk penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah 8 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas fisik peserta didik pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan discovery sebesar 46 % (sangat meningkat), aktivitas mental sebesar 52,5 % (sangat meningkat) dan aktivitas emosional sebesar 50,5 % (sangat meningkat). Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Kelumpang. Kata kunci : Aktivitas belajar, pendekatan discovery Abstract: This research aims to enhancement of learning activities of learners in learning science in grade V SDN 04 Kelumpang. The research method that used in this research is a descriptive method. Whereas the form of research in this research is a action research. The study sample is 8 students. The research of data analysis showed that the enhancement of physical activity of learners in learning science with discovery approach by 46% (very rise), mental activity by 25,5% (very rise) and emotional activity by 50,5% (very rise). This suggests that discovery approach can enhancement of learning activities of learners in learning science in grade V SDN 04 Kelumpang. Keywords: Learning activity, discovery approach