PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F 34211555, Mainis, ., Suryani, ., Syamsiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8444 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8444/8458 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8444/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje agar dapat membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam, mengatur, menulis letak jarum jam, menghitung lamanya waktu, dan dapat menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam menggunakan metode demonstrasi. Penelitian menggunakan metode deskriptif, jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian 24 orang siswa. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I nilai hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 10 orang siswa dengan persentase 45 dan 14 orang siswa yang berhasil mencapai ketuntasan minimal dengan persentase 55. Penelitian pada siklus II nilai hasil belajar siswa sebanyak 23 orang yang berhasil mencapai ketuntasan minimal dengan persentase 87,5 dan yang belum mencapai ketuntasan 1 orang dengan persentase 12,5. Analisis data disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Matematika, Alat Ukur Waktu, Hasil Belajar Abstract : The purpose of this research is to promote the result learning of the second class student in Elementary school number 14 in PuajeVillage, this research used descriptive methode to the type of action class research. By this research the students were able to demonstrated set, read, wrote and counted of time.The subject of this research were twenty four of students. Based on data analysis, the result of learning students on first stage 55%, and the second cycle 87.5%. So I was concluded that implementation of demonstration method is able to promote the result of students learning on matematics subject in Elementary school number fourteen in Puaje Key Words : demonstration methods, mathematics, instrument time clock, learning activities.