PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA SD KELAS III

Main Authors: F34211491, Bainen, ., Syamsiati, ., Suryani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8435
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8435/8445
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8435/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Taum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan rancangan penelitian tindakan kelas dan sifat penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Taum yang berjumlah 20 siswa dengan komposisi 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar IPKG I dan IPKG II. Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 45,3 %, dan aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 65,68%. Sehingga peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi sebesar 20,38%. Jadi pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci : metode demonstrasi, aktivitas siswa, pembelajaran IPA Abstract: This study aims to improve learning activities using the method demonstration on natural science subjects students of class III State Elementary School 05 Taum. The method used is descriptive method with a class action research design and the nature of the research is qualitative research. Research subjects that teachers and students of class III State Elementary School 05 Taum totaling 20 students with the composition of 9 men and 11 women. Data collection techniques used are direct observation techniques. Data collection tool used is the observation sheet activities of teacher, student activity observation sheet, and sheet IPKG I and II. Based on the results of the data analysis, the activity of students in the first cycle of 45.3%, and the activity of students in the second cycle of 65.68%. So that an increase in students' learning activities using the demonstration of 20.38%. So learning to use the demonstration method can improve students' learning activities. Keywords: methods demonstration, student activities, learning science