PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV
Main Authors: | Kusno, ., ., Marzuki, Hasjmy, Maridjo Abdul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8403 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8403/8406 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Hulu Sungai Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Bentuk penelitiannya adalah survey studies. Jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik yang berjumlah 20 orang. Aktivitas fisik peserta didik penelitian awal (baseline) sebesar 26,19% kategori rendah, pada siklus 3 terjadi peningkatan sebesar 80,95% kategori tinggi, terjadi peningkatan 54,76% dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas mental penelitian awal (baseline) sebesar 21,43% kategori rendah, meningkat pada siklus 3 sebesar 76,19% kategori tinggi, terjadi peningkatan 54,76% dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas emosional penelitian awal (baseline) sebesar 38,10% kategori rendah, meningkat pada siklus 3 sebesar 97,62% kategori sangat tinggi, terjadi peningkatan 59,52% dengan kategori cukup tinggi. Kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik pada penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas peserta didik. Kata kunci : Peningkatan aktivitas, tematik terpadu, saintifik. Abstract : The purpose of this study to describe the increase in the activity of learners in an integrated thematic learning by using the scientific approach in Public Elementary School fourth grade 08 Upper River Ketapang. The method used in this research is descriptive method of research is a survey studies Form. Type class action research. Subjects in this study were educators and learners who totaled 20 people. Physical activity learners initial study (baseline) 26.19% lower categories, at 3 cycles an increase of 80.95% higher category, an increase 54.76% with a fairly high category. Mental activity early study (baseline) of 21.43% lower categories, increase in cycle 3 by 76.19% higher category, an increase 54.76% with a fairly high category. Emotional activity early study (baseline) of 38.10% lower category, rising at 3 cycles of 97.62% is very high category, an increase 59.52% with a fairly high category. The conclusion that the use of scientific approach in thematic learning in this study can enhance the activity of learners. Keywords : Increased activity, integrated thematic, scientific.