PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS I
Main Authors: | Dahliana, ., Sabri, Tahmid, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8399 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8399/8404 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas I Sekolah Dasar Negeri 03 Matan Hilir Selatan Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Bentuk penelitiannya adalah survey studies. Jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik yang berjumlah 20 orang. Aktivitas fisik peserta didik pada penelitian awal rata-rata 32,50% meningkat pada siklus 3 dengan rata-rata sebesar 88,75% meningkat sebesar 56,25% dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas mental peserta didik pada penelitian awal rata-rata 25,00%, meningkat pada siklus 3 dengan rata-rata sebesar 76,25% meningkat sebesar 51,25% dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas emosional peserta didik pada penelitian awal rata-rata 32,50%, meningkat pada siklus 3 dengan rata-rata sebesar 92,50% meningkat sebesar 60,00% dengan kategori cukup tinggi. Dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 03 Matan Hilir Selatan Ketapang. Kata kunci : Peningkatan aktivitas, tematik terpadu, saintifik. Abstract : The purpose of this study to describe the increase in the activity of learners in an integrated thematic learning by using the scientific approach in class I Matan 03 State Primary School South Lower Ketapang. The method used in this research is descriptive method of research is a survey studies Form. Type class action research. Subjects in this study were educators and learners who totaled 20 people. Physical activity of students at the beginning of the study the average 32.50% increase in cycle 3 with an average of 88.75% increase of 56.25% with a fairly high category. Mental activity of students at the beginning of the study the average 25.00%, increase in cycle 3 with an average of 76.25% increase of 51.25% with a fairly high category. Emotional activity learners at the beginning of the study average of 32.50%, increase in cycle 3 with an average of 92.50% increase of 60.00% with a fairly high category. By using a scientific approach can increase the activity of students in class integrated thematic learning SDN 03 Matan Hilir Selatan Ketapang. Keywords : Increased activity, integrated thematic, scientific