PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V

Main Authors: Alman, ., ., Marzuki, Hasjmy, Maridjo Abdul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8398
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8398/8403
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 26 Manis Mata Kabupaten Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Bentuk penelitiannya adalah survey studies. Jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik yang berjumlah 20 orang. Aktivitas fisik pada baseline rata-rata 28,33%, pada siklus 3 dengan rata-rata 76,68% terjadi peningkatan sebesar 48,35% dari baseline dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas mental pada baseline rata-rata 23,33%, pada siklus 3 dengan rata-rata 70,00% terjadi peningkatan sebesar 46,67% dari baseline dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas emosional pada baseline sebesar 37,50%, pada siklus 3 dengan rata-rata 80,00% terjadi peningkatan sebesar 42,50% dari baseline dengan kategori cukup tinggi. Dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 26 Manis Mata Ketapang. Kata kunci : Peningkatan aktivitas, tematik terpadu, saintifik. Abstract : The purpose of this study to describe the increase in the activity of learners in an integrated thematic learning by using the scientific approach in Public Elementary School fifth grade 26 Manis Mata Ketapang. The method used in this research is descriptive method of research is a survey studies Form. Type class action research. Subjects in this study were educators and learners who totaled 20 people. Physical activity at baseline average of 28.33%, in the third cycle with an average of 76.68% an increase of 48.35% from the baseline with a fairly high category. Mental activity at baseline average of 23.33%, in the third cycle with an average of 70.00% an increase of 46.67% from the baseline with a fairly high category. Emotional activity at baseline by 37.50%, in the third cycle with an average of 80.00% an increase of 42.50% from the baseline with a fairly high category. By using a scientific approach can increase the activity of students in class integrated thematic learning SDN 26 Manis Mata Ketapang. Keywords : Increased activity, integrated thematic, scientific.