PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV
Main Authors: | Bertus, Adel, ., Sugiyono, Tampubolon, Budiman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8326 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8326/8338 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8326/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Judul penelitian “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Ringo Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak”. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode diskusi kelompok di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Ringo Kecamatam Banyuke Hulu Kabupaten Landak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode diskusi kelompok di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Ringo Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas, sifat penelitian kolaboratif, thenik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Ringo Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat: (1) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan metode diskusi kelomopok siklus I rata-rata 2,58, kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan metode diskusi kelomopok siklus II rata-rata 4,42 kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 1,84. (2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan metode diskusi kelomopok siklus I rata-rata 2,36, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan metode diskusi kelomopok siklus II rata-rata 3,55 kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 1,19. (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan metode diskusi kelomopok siklus I rata-rata 58,46, hasil belajar siswa siklus II rata-rata 81,53 hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 23,07. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Metode Diskusi Kelompok. Abstract: The title of the study "Improving Student Results In Social Sciences Learning Method Using Classroom Discussion Group IV State Elementary School 02 Ringo Banyuke District of Hulu Hedgehog". The problem in this study is whether to use the method of group discussion in class IV State Elementary School 02 Ringo Kecamatam Banyuke Upper Porcupine District can improve the learning outcomes of students in the social sciences. The purpose of this research is to mendeskrifsikan improving student learning outcomes in the Social Sciences pembelajarn using group discussion in class IV State Elementary School 02 Ringo District of Hulu Banyuke Porcupine District. The method used is descriptive method, the form of research is classroom action research, the nature of collaborative research, thenik data analysis using the average calculation. The results showed that the learning of Social Sciences in Public Elementary School fourth grade 02 Ringo District of Hulu Banyuke Porcupine District using group discussion method can improve student learning outcomes. Can be seen: (1) the ability of teachers to plan learning social science by using the method of discussion kelomopok first cycle average of 2.58, the ability of teachers to plan learning social science by using the method of discussion kelomopok second cycle on average 4.42 abilities teachers plan learning increased by 1.84. (2) the ability of teachers in implementing the learning of social science by using the method of discussion kelomopok first cycle an average of 2.36, the ability of teachers in implementing the learning of social science by using the method of discussion kelomopok second cycle an average of 3.55 ability of teachers to implement learning increased by 1.19. (3) the learning outcomes of students in the social sciences by using the method of discussion kelomopok first cycle average of 58.46, second cycle student learning outcomes on average 81.53 learning outcomes of students increased by 23.07. Keywords: Improving Learning Outcomes, Learning Social Sciences, and Methods Group Discussion.