PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Jayamada, Krisantus, ., Kartono, Utami, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8321
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8321/8328
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8321/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV sekolah dasar negeri NO. 04 Bakul Kab. Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif.Sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa.Nilaimatapelajaranmatematika semester satumaupun semester dua 65 % darisiswa di kelas, tuntasmelalui remedial, sedangkan yang tuntas di atas KKM 35 %.Demonstrasiadalah metode mengajar dengan cara memeragakan suatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pekerjaan.Dengan karakteristik tersebut, Metode Demonstrasi memiliki keunggulan yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis dan besar sudut. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika Abstract: This reseacrh purpose for increasing student result in mathematics using demontration method in forth grade classroom in Bakul Elementry School Kapuas Hulu regency. This method usingDescriptive Method. 10 students as a sampling. The score of mathematic in first and second semester 65% from all students in the class, complete with remedial, while other stundents complete up 35% in KKM. Demontration is method that teach with modeled a process way work in one thing that reference to materials jobs. With mentioned characteristic , method demontration has excellence that expected can increasin.g study result student in kinds and large cornel in mathematic. Keys word : Demontration Method, Results Of Study,Learning Mathematics