KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAMMENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIKGURU DI SMA
Main Authors: | Jawing, ., Sindju, Herculanus Bahari, ., Aswandi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8261 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8261/8252 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Fokus penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 3 Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengawas Pembina , Kepala Sekolah , Wakil Kepala Sekolah, Guru, Staf Tata Usaha, dan siswa.Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru telah mampu mengelola sekolah dengan membuat program-program dan keberhasilan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Kata Kunci: Kepemimpinan, kepala sekolah, kompetensi pedagogik Abstract : Foccus of this research is leadership of headmaster to raise pendagogical teacher competent at Senior High School 3 Sintang. The method use in this research is qualitative with descriptive approach Resource of the data in this research is builder supervisor, headmaster, deputy of headmaster, teacher, student. The data haved can to deep interview and documentation study. Data analysis haved to do with reduction data way, presentation dat way, and verification data way. Conclusion of this research is leadership of headmaster to raise techer pendagogical haved able to manage school with make programs and teacher can do learning process to be success. Keyword : Leadership, Headmaster, Pendagogical competent