PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA TEPAT GUNA DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Main Authors: F 34212063, Rusida, ., Rosnita, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8194
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8194/8179
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8194/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan media tepat guna. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas, subjek penelitiannya seluruh siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Kunyit dan seorang guru sebagai peneliti. Sifat penelitian ini menggunakan kolaborasi yaitu penelitian yang dilakukan dengan teman sejawat antara peneliti dengan guru SD kelas I Sekolah Dasar Neger 04 Sungai Kunyit selaku guru kolaborator untuk melihat ketuntasan atau kekurangan penelitian yang telah berlangsung. Penelitian ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahapan refleksi. Hasil temuannya adalah terjadinya peningkatan dari siklus I, dan siklus II. Peningkatan aktivitas fisik pada pembelajaran tematik Siklus I rata-rata persentasinya adalah 74,06%, dan mengalami peningkatan siklus II rata-rata persentasinya adalah 88,83%. Peningkatan aktivitas mental pada pembelajaran tematik Siklus I rata-rata persentasinya adalah 67,77% dan mengalami peningkatan siklus II rata-rata persentasinya adalah 83,28%. Peningkatan aktivitas emosioanal pada pembelajaran tematik Siklus I rata–rata persentasinya adalah 62,96%. dan mengalami peningkatan siklus II rata-rata persentasinya adalah 85,18%. Dengan demikian hasil penelitian di SDN 04 Sungai Kunyit tentang “Peningkatan aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Media Tepat Guna Kelas I Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Kunyit”. Ternyata berdasarkan hasil analisis tersebut mengalami peningkatan yaitu siklus I 68,26%, < siklus II 85,76%. Kata Kunci: peningkatan aktivitas, belajar, media tepat guna Abstract: This study aims to improve the study activities using appropriate media. The method used is descriptive method to form action research, research subjects all students of class I Country Elementary School 04 River Turmeric as a researcher and a teacher. Using the collaborative nature of this research is research carried out with pcolleagues between researcher and first grade elementary teacher Negeri 04 River Elementary School teacher Turmeric as a collaborator to see the completeness or lack of research that has taken place. This study through the stages of planning, implementation, observation, and reflection stages. The findings are the increase of the first cycle and the second cycle. Increased physical activity in the first cycle of thematic learning average-average percentage is 74.06%, and increase the second cycle average-average percentage is 88.83%. Increased mental activity on thematic learning Cycle I mean-average percentage is 67.77% and increased average second cycle-average percentage is 83.28%. Increased activity on thematic learning emosioanal Cycle I mean-average percentage is 62.96%. and increase the second cycle average-average percentage is 85.18%. Thus the results of research in SDN 04 Turmeric River on "Increased activity of study By Using Appropriate Media Class I Country Elementary School 04 Turmeric River". Apparently based on the results of the analysis is the first cycle increased 68.26%, <Cycle II 85.76%. Keywords: increased activity of student, study, media right in order to