PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Authors: F34212168, Yunita, ., Zainuddin, ., Sukmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8192
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8192/8175
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8192/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian inibertujuan adalahuntuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didikdalam menghitung operasi campuran bilangan bulat pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif terdiri dari pengumpulan data, koreksi data,penyajian data, dan penarik kesimpulan keberhasilan. Teknik analisis data dilakukan melalui observasi langsung dan teknik pengukuran, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes.. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanhasil belajar Matematika operasi campuran bilangan bulat. Pada siklus I keberhasilan yang dicapai 60%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80%, sehingga pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 100% . Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Matematika Abstract:This research aim to is to know completely of result learn educative participant in counting integer mixture operation at study of Mathematics by using demonstration method. Method data collecting the used is descriptive qualitative consist of data collecting, corrective of data, presentation of data, and penarik of conclusion of efficacy. Technique analyse data pass direct observation and measurement technique, data collector the used is observation sheet and of tes. Result of research show the existence of the make-up of result learn Mathematics operate for integer mixture. At cycle of I reached efficacy 60%, later then at cycle of II natural of improvement become 80%, so that at cycle of III natural of improvement become 100%. Keywords: Result Learn, Method Demonstration, Mathematics