PENGGUNAAN METODE LATIHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Main Authors: Munsarif, Mokhamad, ., Rosnita, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8190
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8190/8173
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8190/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak:Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode latihan operasi perkalian dan pembagian meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Sadaniang dalam pembelajaran Matematika?”. Sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana peningkatan kemampuan guru melakukan perencanaan pembelajaran Matematika menggunakan metode latihan operasi perkalian dan pembagian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV?Bagaimana peningkatan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Matematika menggunakan metode latihan operasi perkalian dan pembagian untuk meningkatkan hasil belajar siswa IV. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan metode latihan operasi perkalian dan pembagian dikelas IV?.Tujuan penelitian ini adalah “untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode latihan operasi perkalian dan pembagian di kelas IV.Hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Sadaniang meningkat. Pada siklus I dengannilai rata-rata 60danSiklus II dengannilai rata-rata 82,50jadipeningkatannilaiyaitu22,5. Kata kunci:metode latihan dan hasil belajar Abstract: A common problem inthis study was"Is usingmultiplicationand divisionexercisesimprove learning outcomes ofthe fourth grade studentsof StateElementary School10Sadaniangin learningmathematics?". Sub-problems in this studyare :How toincreasethe ability of teachersto planlearning mathematicsusingmultiplication and division operationsexercisestoimprove student learning outcomesin classIV? How canincreasethe ability of teachersto implementlearning mathematicsusingmultiplication and division operationstrainingtoimprove student learning outcomesIV?. How toincreasestudent learning outcomesinmathematicslearningexercisesusingmultiplication and division operationsin classIV?. The purpose ofthis study was"to describethe increase instudent learning outcomesin mathematics learningusingtraining methodsmultiplication and division operationsinthe fourth gradeElementarySchool 10Sadaniang".The results ofthe fourthgrade studentsof StateElementary School10Sadaniangincreased. In the first cyclewithan average valueof 60andCycleIIwithan averagevalue of82.50sothatthe increase invalues ​​to22.5. Keywords:training methodsandresults ofstudy