PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR KELAS III SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Mariana, Dina, Asran, Mastar, Uliyanti, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8184 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8184/8162 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8184/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dengan mode kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar dalam pembelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 01 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpul data. Subjek penelitian berjumlah 32 orang siswa dan satu orang guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kemampuan guru merencanakan pelaksanaaan pembelajaran dari siklus I sebesar 2,86 (cukup) meningkat menjadi 3,77 (baik sekali) pada siklus II peningkatan sebesar 0,91. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 2,42 (cukup) meningkat menjadi 3,76 (baik sekali) terjadi peningkatan sebesar 1,34 dan aktivitas pembelajaran siswa siklus I sebesar 68,02 menjadi 96,09% pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS kelas III SDN 01 Pontianak Selatan. Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas Pembelajaran, Lingkaran Kecil Lingkaran Besar Abstract : this research aims to improve the model of cooverative learning techniques inside-outside circle IPS grade student III SD Negeri 01 Pontianak Selatan. The research method is descriptive method. Techniques used in this study is the direct observasion techniques by used observation sheet as a data collection tool. Researh subjects are 32 students and one teacher. Based on the result of research to implement lessons learned from the implementation of the first cycle of 2.86 (enough) increased to 3.77 (excellent) on the second cycle increased by 0.91. The ability of teachers implement the learning in the first cycle of 2.42 (enough) increased to 3.76 an increase of 1.34 (excellent) and student learning activities first cycle of 68,02% to 96,09% in the second cycle. Thus, the cooperative learning inside-outside circle technique can improve learning social studies class III SDN 01 Pontianak Selatan. Keywords : Increased, Learning Activities, Inside-Outside Circle