UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS IX B SMP

Main Authors: Sumiar, ., Panjaitan, Ruqiah Ganda Putri, Wahyuni, Eko Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8110
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8110/8102
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran direct instruction pada materi bioteknologi. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan yaitu kelas IX B SMP Negeri 19 Pontianak tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa 37 orang terdiri siswa laki-laki 16 orang dan siswa perempuan 21 orang. Alat pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, LKS dan tes. Dari hasil analisis data diketahui hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata adalah 81,08, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90,24 mengalami peningkatan dari siklus I. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 83,78% meningkat menjadi 94,59% pada siklus II dengan KKM 75. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran direct instruction, hasil belajar. Abstract: This research aims to improve student learning outcomes begin learning model of direct instruction in biotechnology material. Study is a form of research sampel used is a class IX B 19 Pontianak SMP 2013/2014 school year. Number of students comprised 37 people 16 male students 21 female students. Worksheets and test from the analysis of the data found in the first cycle 81,08 at second cycle the rescarcher got increasing data in average 90,24. Completeness student learning outcomes in the first cycle increased by 83,78 % be 94,59 % in the second cycle with KKM 75. It can be conchided that the use of direct instruction model of learning can inprove student learning outcomes.Keywords: Direct instruction of learning, learning outcomes Keywords: Direct instruction of learning, learning outcomes