AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN TEKNIK MAKE A MATCH KELAS V SDN 24
Main Authors: | Wahyuni, Iin, Asran, Mastar, ., Suryani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8103 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8103/8092 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8103/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan model kooperatif teknik make a match kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Aktivitas fisik siswa dengan menggunakan teknik make a match dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak Timur terjadi peningkatan, dari penelitian awal dengan persentase 11,53% terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 92,66% dan termasuk kategori sangat tinggi. Aktivitas mental siswa dengan menggunakan teknik make a match dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak Timur terjadi peningkatan, dari penelitian awal dengan persentase 19,23%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 83,33% dan termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: aktivitas siswa, pembelajaran IPS, teknik Make A Match Abstract: This study aimed to describe the increased activity of students in Social Sciences with a model of cooperative techniques make a match grade V Public Elementary School 24 East Pontianak. The method used in this research is descriptive method and type of research is a class act. Students' physical activity by using the technique of learning make a match in Social Sciences Class V Public Elementary School 24 East Pontianak increased, from initial research to an increase in the percentage of 11.53% in the second cycle with an average of 92.66% and the category is very high. Mental activity of students by using the technique of learning make a match in Social Sciences Class V State Elementary School 24 East Pontianak increased, from early studies with the percentage 19.23%, an increase on the second cycle with an average of 83.33% and included in the high category. Keywords: student activities, teaching social studies, engineering Make A Match