PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV

Main Authors: F 34212079, Junaidi, Asran, Mastar, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8073
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8073/8054
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8073/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil rata-rata lembar observasi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II yaitu dengan rata-rata 3,23 termasuk kedalam kategori “Baik”, hasil rata-rata lembar observasi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I dan siklus II yaitu dengan rata-rata 3,15 termasuk kedalam kategori “Baik”, Nilai rata-rata keseluruhan siswa diperoleh pada siklus I yaitu 72,73 atau di bulatkan menjadi 73 yang terjaring dalam rentang 70-79 masuk kedalam kategori dengan predikat ”Baik”, sedangkan pada siklus II yaitu 83,18 atau di bulatkan menjadi 83 yang terjaring dalam rentang 80-100 masuk kedalam kategori dengan predikat”Sangat Baik”. Kata Kunci : hasil belajar, metode demonstrasi, matematika Abstract: The purpose of this study is to describe the learning outcome of students in the learning of mathematics using demonstration method. This study used a descriptive method of research is the form of action research. This study was conducted during two cycles each cycle consisting of 2 meetings. The results of this study are as follows: the average yield observation sheets teachers in preparing lesson plan in the first cycle and cycle II, with an average of 3.23 included into the category of "Good", the average yield of teachers in implementing the observation sheet learning in the first cycle and cycle II, with an average of 3.15 included into the category of "Good", the overall average value obtained by the students in the first cycle is 72.73 or round it off to 73 were netted in the range of 70-79 into the category with a "Good", while in the second cycle is 83.18 or round it off to 83 are netted in the range of 80-100 into the category of the category of "Very Good". Keywords: learning outcomes, demonstration method, Mathematics