UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Main Authors: | Haryanti, Titik Sri, ., Junaidi, ., Parijo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/803 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/803/pdf |
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di SMP Negeri 5 Ketapang?. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 5 Ketapang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpul data yang digunakan adalah pengukuran dan observasi dengan alat pengumpul data yaitu seperangkat soal evaluasi mengenai materi kewarganegaraan setelah penelitian untuk penskoran hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pokok bahasan suasana kebatinan konstitusi pertama dan hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945 pada siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Ketapang tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 67,50 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 62,50% dan pada siklus II dengan ketuntasan belajar sebesar 96,88% dengan nilai rata-rata 75,06 sehingga standar yang ditargetkan telah tercapai. Kata kunci : Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Abstract: The title of the study is "Effort to Improve Student Learning Outcomes In Subjects PKN Through Cooperative Learning Jigsaw Type". This study aims to answer the question Is Cooperative Learning Model Application Type Jigsaw Lesson In Civics Education to Improve Learning Outcomes Seventh Grade Students of SMP Negeri 5 in Ketapang? '. The hypothesis of this research is the application of Model Jigsaw Cooperative Study Lesson In Civics Education to Improve Learning Outcomes Seventh Grade Students of SMP Negeri 5 B Ketapang. This research method is Classroom Action Research (CAR). Data collection techniques used are the measurement and observation data collection tool is a set of evaluation questions regarding citizenship after the study material for scoring learning outcomes. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the implementation of cooperative learning model jigsaw type in the subject of civic education subject mystical atmosphere of the first constitution and the relationship between the proclamation of independence and the 1945 class VII B at SMP Negeri 5 Ketapang school year 2012/2013 to improve outcomes student learning. The increase can be seen from the average grades of students in the first cycle of 67.50 with student mastery of 62.50% and in the second cycle with mastery learning of 96.88% with an average value of 75.06 so that standards target has been reached. Keywords : Jigsaw Cooperatif Study, Learning Outcomes