PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA KUBUS SATUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA ASIH PONTIANAK

Main Authors: (F34209430), Nurma, Kresnadi, Hery, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/798
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/798/pdf
Daftar Isi:
  • Make-Up Of Activity Learn To Use Media Cube Set Of Study Extraordinary Mathematics Class V School of Dharma Asih Pontianak. Research aim to to know usage of cube media set of study Mathematics can improve used by research siswa.Bentuk activity is Research of Action Class ( PTK) And research have the character of perception kolaboratif. Based with collaborator at cycle I reached efficacy that is physical activity 60.0%, activity bounce 50,0%, and emotional activity 45,0%. At II fisik100,0 activity cycle%, activity bounce 100,0% and emotional activity 60,0%. From make-up of activity affect positive at result learn student. At I cycle mount reached efficacy 20 becoming 64 [at] II cycle. This Matter indicate that study about log volume use cube media set of can improve student activity and result learn in Extraordinary Class V School fith of Tunarungu Dharma Asih Pontianak. Keyword : improvement, activity, learn, cube media set of. Abstrak : Peningkatan Aktivitas Belajar Menggunakan Media Kubus Satuan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kubus satuan pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa.Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penelitian bersifat kolaboratif.Berdasarkan pengamatan bersama kolaborator pada siklus I keberhasilan yang dicapai yaitu aktivitas fisik 60.0%, aktivitas mental 50,0%, dan aktivitas emosional 45,0%. Pada siklus II aktivitas fisik100,0%, aktivitas mental 100,0% dan aktivitas emosional 60,0%. Dari peningkatan aktivitas berdampak positif pada hasil belajar siswa. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 20 menjadi 64 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tentang volume balok menggunaan media kubus satuan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar di kelas V Sekolah Luar Biasa Tunarungu Dharma Asih Pontianak. Kata Kunci : peningkatan, aktivitas, belajar, media kubus satuan