PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU EKONOMI SMA KEMALA BHAYANGKARI SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA
Main Authors: | yanto, Ardi, ., Aminuyati, syahrudin, Husni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7852 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7852/7949 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7852/pdf |
Daftar Isi:
- Abstract : This study aimed to obtain information and clarity as well as the truth about the teaching skills of teachers in high school economics Kemala Kingdom Bhayangkari River District. Kubu highway . The research method used in this research is descriptive qualitative case study form .Based on the observation and interviews with 2 teachers of economics in high school Kamala Kingdom Bhayangkari River District. Kubu Raya that teachers of economics have applied to teach the basic skills but applicability is still not as much as possible because teachers are more likely to use the lecture method , the mastery of a large group , questions and answers and so on , the teacher uses this method with the aim that students easily memmeperhatikan each other , and easy to focus students' attention on learning materials . difficulties experienced in applying the skills of teachers in the classroom teaching learning process due to lack of effective and efficient disebabkanoleh student misbehavior . the work done by teachers in the natural difficulties during the process of learning activities take place , the teachers are always overcome by giving inputs , motivate and challenge students who are the center of attention so that the students can follow the learning process as expected. Analysis of data on the observation of Field Studies Teaching Skills Teacher in High School Economics Class XI Kemala Kingdom Bhayangkari River District. Kubu Raya by using IPKG format 2 for 3 times the observation of one teacher . Keywords : Application of Skills , Teaching , Master of Economics. Abstrak : penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan serta kebenaran tentangketerampilan mengajar guru bidang studi ekonomi di SMA Kemala Bhayangkari Sungai Raya Kab. Kubu raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus.Berdasarkan hasil observasi/pengamatan dan wawancara dengan 2 orang guru bidang studi ekonomi di SMA Kamala Bhayangkari Sungai Raya Kab. Kubu Raya bahwa guru bidang studi ekonomi sudah menerapkan keterampilan dasar mengajar namun penerapanya masih belum semaksimal mungkin karena guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah, penguasaan kelompok besar, Tanya jawab dan sebagainya, guru menggunakan cara ini dengan tujuan agar mudah memmeperhatikan siswa satu sama lainnya, dan mudah memusatkan perhatian siswa kepada materi pembelajaran. kesulitan yang dialami guru dalam menerapkan keterampilan mengajarnya di dalam kelas karena kurangnya proses belajar yang efektif dan efisien yang disebabkanoleh kenakalan siswa. usaha yang dilakukan oleh guru kesulitan yang di alami pada saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung, guru selalu mengatasinya dengan cara memberi masukan-masukan, memotivasi dan menegur siswa yang menjadi pusat perhatian agar siswa tersebut bisa mengikuti proses pembelajaran seperti yang di harapkan.data hasil observasi tentang Analisis Keterampilan Mengajar Guru Bidang Studi Ekonomi Kelas XI di SMA Kemala Bhayangkari Sungai Raya Kab. Kubu Raya dengan menggunakan format IPKG 2 sebanyak 3 kali observasi terhadap satu orang guru. Kata Kunci : Penerapan Keterampilan, Mengajar, Guru Ekonomi.