PENGARUH MEDIA DINDING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI SMP
Main Authors: | Suhardiono, Ade, Supriatna, Eka, Purnomo, Edi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7764 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7764/7847 |
Daftar Isi:
- Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media dinding terhadap hasil belajar keterampilan passing bawah permainan bola voli kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya. Metode eksperimen dengan bentuk pendekatan penelitian pre exsperimental design. Populasi 315 peserta didik, sampelteknik cluster sampleyaitu mengambil sebanyak 32 peserta didik. Analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil analisisdidapat nilai t test sebesar 24.87. Db pada tabel statistik db=(N-1) adalah 32-1=31. Taraf signifikansi 5%=0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar = 2,039. Dengan demikian nilai t test =24.87 lebih besar dari nilai t tabel = 2,039, artinya hipotesis diterima. Hasil tersebut menandakan terdapat pengaruh media dinding terhadap hasil belajar keterampilan passing bawah permainan bola voli kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya yang signifikan. Dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 28,87%.Dapat dismpulkan melalui media dinding dalam proses pembelajaran passing bawah akan berdampak kepada peningkatan hasil belajar keterampilan passing bawah permainan bola voli peserta didik. Kata Kunci: Media Dinding, Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Abstract: The purpose of this study to determine the effect of media on learning outcomes wall passing skills down the game of volleyball class VII SMP Negeri 1 Sungai Raya. Experimental method with pre exsperimental shape design research approach. The population of 315 students, the sample cluster sample techniques that take as many as 32 students. Data analysis using t-test. From the analysis results obtained value of t-test of 24.87. Db on statistical tables db = (N-1) is 32-1 = 31. Significance level of 5% = 0.05 t table values obtained for = 2,039. Thus the value of the t test = 24.87 is greater than t table = 2.039, meaning that the hypothesis is accepted. This result indicates that there is a wall of media influence on learning outcomes passing skills down the game of volleyball class VII SMP Negeri 1 Sungai Raya significant. With a percentage increase of 28.87% of learning outcomes. Can dismpulkan through media wall in the learning process of passing down will have an impact on the improvement of learning outcomes passing skills down the game of volleyball learners. Keywords : Media Wall, Learning Outcomes VolleyballPassing Down