MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MULTIMEDIA BERLATAR NHT PADA MATERI HIDROKARBON
Main Authors: | Septiana, Riza, Enawaty, Eny, Lestari, Ira |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7681 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7681/7786 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Pontianak pada materi hidrokarbon dengan menggunakan multimedia berlatar model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas XC SMA Negeri 9 Pontianak. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas pada siklus I yaitu aktivitas mendengarkan penjelasan materi sebesar 84,4%, aktivitas bertanya mengenai materi yang telah disampaikan sebesar 44,8%, aktivitas menjawab pertanyaan yang diberikan sebesar 65,6% dan aktivitas mengemukakan pendapat dalam diskusi sebesar 81,3%. Aktivitas pada siklus II yaitu aktivitas mendengarkan penjelasan materi sebesar 94,8%, aktivitas bertanya mengenai materi yang telah disampaikan sebesar 53,1%, aktivitas menjawab pertanyaan yang diberikan sebesar 82,3% dan aktivitas mengemukakan pendapat dalam diskusi sebesar 82,3%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 56,3% dan siklus II sebesar 59,4%. Kata kunci: multimedia, aktivitas dan hasil belajar Abstract: The aims of this research were to improve activities and learning outcome’s of tenth grade students of SMA Negeri 9 Pontianak in hydrocarbon material by using multimedia based on cooperative learning Number Head Together (NHT). The research’s method that used was Class Action Research (CAR). Subjects in this research were 32 students in XC class of SMA Negeri 9 Pontianak. The result of this research proved that there was improvement in students activities and learning outcome. The activities of first cycle were 84% for material explanation listening, 44,8% for questioning the given material, 65,6% for answering the given question and 81,3% for expressing opinion in discussion. The activities of second cycle were 94,8% for material explanation listening, 53,1% for questioning the given material, 82,3% for answering the given question and 82,3% for expressing opinion in discussion. Learning outcome in first cycle was 56,3% and second cycle was 59,4%. Keyword: multimedia, activity and learning outcome