TEACHING READING COMPREHENSION ON DESCRIPTIVE TEXT BY USING GROUP WORK STRATEGY
Main Authors: | Julianus, Iko, Marbun, Rismaya, Suhartono, Luwandi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7008 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7008/7204 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini difokuskan pada pengajaran pemahaman membaca teks deskriptif dengan menggunakan strategi kerja berkelompok. Tujuan-tujuan research ini adalah untuk menemukan benar atau tidaknya pengajaran pemahaman membaca teks deskriptif dengan menggunakan strategi kerja berkelompok bisa meningkatkan pemahaman membaca teks deskriptif dengan signifikan pada kelas sebelas di SMA Negeri 1 Senakin dalam tahun akademik 2012/2013 dan juga untuk menemukan keefektifannya. Metode penelitian ini adalah penelitian bersifat percobaan dengan satu kelompok desain pretest dan posttest. Contohnya adalah kelas “XI A” dari 4 kelas yang tersedia di sekolah tersebut. Data yang diperoleh dari menggunakan tes objektif dan dianalisa oleh t-test dan rumus mengukur keefektifan. Kata kunci: Pemahaman, Membaca, Group Work, Teks Deskriptif Abstract: This research focused on teaching reading comprehension on descriptive text by using Group Work strategy. The research purposes are to find out whether or not teaching reading comprehension on descriptive text by using Group Work strategy can significantly increases reading comprehension on descriptive text of the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Senakin in Academic Year 2012/2013 and to find out its effect size. The research method is a pre experimental research with one group of pretest and posttest design. The sample is class “XI A” out of 4 classes available in the school. The data were collected by an objective test and analyzed by t-test and effect size formula. Key words: Reading, Comprehension, Group Work, Descriptive Text