PENANAMAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PRIMANDA UNTAN PONTIANAK

Main Authors: Efirlin, Martha, ., Fadillah, ., Marmawi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6993
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6993/7919
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku disiplin, cara guru menanamkan perilaku disiplin cara guru mengatasi pelanggaran perilaku disiplin pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Primanda Untan Pontianak Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari guru kelas B1 sebanyak 2 orang dan anak usia 5-6 tahun kelas B1 sebanyak 15 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Tingkat persentase perilaku disiplin anak secara keseluruhan tergolong kriteria “Sedang” dengan persentase mencapai 69%, Cara guru menanamkan perilaku disiplin dengan cara menetapkan peraturan yang harus di patuhi dan ditaati oleh setiap anak. Sedangkan cara guru mengatasi pelanggaran perilaku disiplin yaitu dengan cara guru berkomunikasi dengan anak untuk membicarakan tentang tata tertib yang telah disepakati bersama, kemudian melalui peringatan dan hukuman yang ringan. Kata Kunci : Perilaku disiplin, Anak usia 5-6 tahun. Abstract : This study aimed to describe the behavior of the discipline , the way teachers instill discipline the behavior of how teachers cope with violations of discipline behavior in children aged 5-6 years in kindergarten Primanda Untan Pontianak This study used a descriptive method with qualitative approach . The study sample consisted of classroom teachers B1 by 2 people and children aged 5-6 years as many as 15 people a class B1 . The results of data analysis showed that the percentage rate of the overall behavior of the child discipline classified criteria " Medium " with the percentage reaches 69 % , the way teachers instill discipline behavior by specifying rules to be obeyed and followed by every child . As for how teachers cope with violations of discipline behavior that is the way teachers communicate with children to talk about the order that has been agreed , then through the warnings and a light sentence . Keywords : Behavior discipline , Children aged 5-6 years .