PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 19 KUBU

Main Authors: (F34209470), Kasmawati, Uliyanti, Endang, Buwono, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/672
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/672/pdf
ctrlnum article-672
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 19 KUBU</title><creator>(F34209470), Kasmawati</creator><creator>Uliyanti, Endang</creator><creator>Buwono, Sri</creator><description lang="en-US">The Research About the Increase Learn Activities With Used Demonstration Method in the Thirt Student in Grade of Elementary School 19 in Kubu. This Research to Describe the Increase Learn Activities Used Demonstration Method in the Thirt Student in Grade of Elementary School 19 in Kubu. This Research Used a Description Method. The Research is Classroom Action Research Type. Output of First Observed Learn Activities is 13,64%, Then in the First Cycle Percentage of Physical Activities Students is 75%, and in the Second Cycle is 88,64%. Output of Menthal Activities in First Cycle Percentage is 50% and in Second Cycle is 62.5%. Output of Emotional Activities in First Cycle is 61.63% and in Second Cycle is 81.82%. It Means Output of Research Indicate of with used Demonstration Method can Increase Learn Activities Students Include. Abstrak: Penelitian tentang peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan metode demontrasi pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 19 Kubu bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi di SDN 19 Kubu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil pengamatan awal terhadap aktivitas belajar siswa yaitu 13.64%, pada siklus I rata-rata prosentase aktivitas fisik yaitu 75% dan siklus II yaitu 88.64%. Hasil Pengamatan aktivitas mental pada siklus I yaitu 50% dan siklus II meningkat menjadi 62.5%. hasil pengamatan aktivitas emosional siklus I yaitu 61.63% dan pada siklus II meningkat menjadi 81.82% Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas fisik, mental, dan emosional. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Metode Demonstrasi, IPA SD.</description><publisher lang="en-US">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2013-01-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/672</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 2, No 1 (2013): Januari 2013</source><relation>http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/672/pdf</relation><recordID>article-672</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author (F34209470), Kasmawati
Uliyanti, Endang
Buwono, Sri
title PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 19 KUBU
publisher Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
publishDate 2013
url http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/672
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/672/pdf
contents The Research About the Increase Learn Activities With Used Demonstration Method in the Thirt Student in Grade of Elementary School 19 in Kubu. This Research to Describe the Increase Learn Activities Used Demonstration Method in the Thirt Student in Grade of Elementary School 19 in Kubu. This Research Used a Description Method. The Research is Classroom Action Research Type. Output of First Observed Learn Activities is 13,64%, Then in the First Cycle Percentage of Physical Activities Students is 75%, and in the Second Cycle is 88,64%. Output of Menthal Activities in First Cycle Percentage is 50% and in Second Cycle is 62.5%. Output of Emotional Activities in First Cycle is 61.63% and in Second Cycle is 81.82%. It Means Output of Research Indicate of with used Demonstration Method can Increase Learn Activities Students Include. Abstrak: Penelitian tentang peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan metode demontrasi pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 19 Kubu bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi di SDN 19 Kubu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil pengamatan awal terhadap aktivitas belajar siswa yaitu 13.64%, pada siklus I rata-rata prosentase aktivitas fisik yaitu 75% dan siklus II yaitu 88.64%. Hasil Pengamatan aktivitas mental pada siklus I yaitu 50% dan siklus II meningkat menjadi 62.5%. hasil pengamatan aktivitas emosional siklus I yaitu 61.63% dan pada siklus II meningkat menjadi 81.82% Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas fisik, mental, dan emosional. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Metode Demonstrasi, IPA SD.
id IOS1805.article-672
institution Universitas Tanjungpura
institution_id 65
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Tanjungpura
library_id 605
collection Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
repository_id 1805
subject_area Pendidikan
city PONTIANAK
province KALIMANTAN BARAT
repoId IOS1805
first_indexed 2017-08-19T21:12:17Z
last_indexed 2017-08-19T21:12:34Z
recordtype dc
_version_ 1767012377538068480
score 17.538404