MINATBELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS XI IPS
Main Authors: | F31110048, Minarni, ., Sri Buwono, ., Okianna |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6474 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6474/6694 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6474/pdf |
Daftar Isi:
- Abstract:This study aimed to determine the effect of the interest in learning on student learning outcomes in learning accounting in high school social studies class XI Kemala Bhayangkari I Kubu Raya district of West Kalimantan Province. The method used is descriptive method of research form association studies (Interrelationship studies). The study population totaled 411 students, and the study sample was 62 students. The results of the data analysis showed that there is no influence between the variables X and Y. These results show the influence of only 0.5% were classified as very low. While the remaining 99.5% is influenced by other factors. This is because students are less focused on material accounting submitted by teachers and difference of teachers way in scoring accounting lesson. Keywords: Interest in Learning, Student Learning Results, Accounting Learning Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA Kemala Bhayangkari I Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan (Interrelationship studies). Populasi penelitian berjumlah 411 siswa dan sampel penelitian ini adalah 62 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Hasil ini hanya menunjukkan pengaruh 0,5% yang tergolong sangat rendah. Sedangkan sisanya sebesar 99,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memusatkan perhatiannya terhadap materi akuntansi yang disampaikan guru dan cara penilaian guru yang berbeda dalam pembelajaran akuntansi. Kata kunci : Minat belajar, Hasil Belajar siswa, Pembelajaran akuntansi