MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADLLE MODIFIKASI BERMAIN LOMPAT TALI SDN 06 SEMAYANG
Main Authors: | ., Hamdani, Simanjuntak, Victor, Haetami, Mimi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6461 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6461/6678 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6461/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Permasalahan dibahas adalah pengaruh lompat tinggi gaya stradlle denganmengunakan alat modifikasi bermain menggunakan alat bantu lompat tali pada siswakelas V SDN 06 Semayang. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana upayameningkatkan kemampuan lompat tinggi gaya stradlle. Metode Penelitian deskriptifkuantitatif menggunakan teknik persentase, desain penelitian Peneltian Tindakan Kelas.Subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 32 orang. Teknik penelitian menggunakantes dan pengukuran, yaitu tes dengan kisi-kisi instrumen pengukuran hasil belajarlompat tinggi. Analisis data menggunakan rumus ketuntasan belajar dan prosentase.Hasil penilaian siklus 1: 46,88%, siklus 2 meningkat 75%. Data dapat disimpulkanbahwa hasil penilaian melampaui kreteria ketuntasan secara klasikal 75%, maka tidakada lagi tindakan lanjutan dan penelitian dinyatakan berhasil dengan kreteria baik.Terjadi peningkatan cukup signifikan pada siswa setelah diberi pembelajaran lompattinggi dengan modifikasi bermain lompat tali SDN 06 Semayang telah tercapai.Kata Kunci: Modifikasi, Media pembelajaran, Gaya stradlle.Abstract: The problem addressed is the influence of the high jump style stradlle usingthe tool modification using tools playing jump rope on fifth grade students of SDN 06Semayang. The study aims to find out how to increase the skills stradlle style highjump. Descriptive quantitative research methods using techniques percentage, ClassActions The research study design. Fifth grade students study subjects numbered 32people. Research techniques using test and measurement, ie a test with the gratinginstruments measuring the outcomes of learning the high jump. Analysis of data usingformulas and percentages of mastery learning. 1 cycle assessment results: 46.88%, cycle2 increased 75%. Data can be concluded that the results of the assessment criteria ofcompleteness in classical exceed 75%, then no further action and research declaredsuccessful with both criteria. An increase significantly in the students after learninggiven the high jump with a jump rope modification SDN 06 Semayang has beenreached.Keywords: Modification, Learning Media, Style stradlle