PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DI KELAS IV

Main Authors: F34211173, Habibah, ., Sugiyono, Uliyanti, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6453
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6453/6665
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6453/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan Penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode pada siswa kelas IV SDN 15 Semerangkai.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi terhadap tindakan Siswa yang diteliti berjumlah 24 Siswa . Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi instumen perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data yang diperoleh merencanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 2,95 Siklus II 3,85 meningkat sebesar 0,63. Melaksanakan pembelajaran siklus I sebesar 2,93 dan siklus II 3,66 meningkat sebesar 0,73. Hasil tes belajar siswa siklus I sebesar 59,16 dan pada siklus II sebesar 79,16 meningkat sebesar 20. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA meteri Energi Bunyi dengan mengunakan metode demontrasi di kelas IV SD. Kata Kunci: Hasil belajar dan Metode Demontrasi Abstract: The purpose of this study is to improving student learning outcomes in the Natural Sciences learning by using the fourth grade students of SDN 15 Semerangkai.Metode research used is descriptive method which consists of two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, students reflect on their actions and examined totaled 24 students. Outcome data collection techniques such as observation instrument lesson planning, learning and execution of data analysis results obtained in the first cycle of learning planned for Cycle II 3.85 2.95 increased by 0.63. Implementing learning first cycle of 2.93 and 3.66 second cycle increased by 0.73. The test results of student learning first cycle of 59.16 and 79.16 for the second cycle increased by 20. This shows that there is an increase in student learning outcomes in science learning materi sound energy using the method of demonstration in the fourth grade. Keywords: Learning outcomes and Methods Demonstration