PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI KELAS XI SMA NEGERI 01 MELIAU
Main Authors: | Defiana, Tarita, Nandar, Ismu, Sanulita, Henny |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6449 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6449/6661 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/6449/549 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/6449/550 |
Daftar Isi:
- Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh hasil pembelajaran tari Gambyong dengan menggunakan metode demonstrasi dibandingkan dengan hasil belajar tari Gambyong tanpa menggunakan metode demonstrasi siswa kelas XI SMA Negeri 01 Meliau.Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen, bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan. Tahap awal (pretes), tahap kedua latihan, tahapan ketiga postes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretes kemampuan kelas eksperimen sebesar 71,333, sedangkan postes adalah 85,388. Hasil perhitungan uji t tes belajar tari gambyong nilai thitung sebesar 3,418, sedangkan nilai d.b 17 adalah 2,110. Dapat disimpulkan nilai hasil belajar tari gambyong thitung 3,418 ≥ ttabel 2,110 sehingga hipotesis alternatif penelitian ini diterima yang artinya terdapat perbedaan pengaruh antara pretes dan postes pada latihan tari Gambyong dengan metode demonstrasi. Kata kunci : metode demonstrasi, hasil belajar, tari Gambyong. Abstract:The purpose ofthis study wasto analyzethe influence oflearning outcomesGambyongdancedemonstrationusingcomparedwith the resultsof learningdancedemonstrationGambyongwithoutusinga class XI studentof SMA Negeri01Meliau. This research was conductedwithan experimental method, the formused isquantitativeresearch. The study consistedofthreephases. The initial phase(pretest), the secondphase ofthe exercise, the thirdstageposttest. The results showedthatthe averagepretestexperimental classcapabilitiesat 71.333, while theposttestwas 85.388. Ttestresults oftest calculationsstudied dancegambyongtcount 3.418, while the value of 17 dbis2,110. Learningoutcomescan beinferredvalueof tgambyongdancetable ≥3.4182.110sothe alternative hypothesisof this studyis accepted, which means there is a differencebetweenpretest and posttestinfluenceondance practiceGambyongthedemonstrationmethod. Keywords: method ofdemonstration, learning outcomes, danceGambyong.