PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V

Main Authors: Jaelani, ., ., Rosnita, ., Zainuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6443
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6443/6654
Daftar Isi:
  • Abstrak : Masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik menggunakan metode role playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Toho. Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian adalah Tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Penelitian ini di lakukan selama 2 Siklus. Hasil penelitian kemampuan guru merancang pembelajaran pada Siklus I rata-rata total IPKG I yaitu 2,76 dan pada Siklus II rata-rata total IPKG I yaitu 3,05 dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,29. Hasil penelitian yang di peroleh kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada Siklus I rata-rata total IPKG II yaitu 2,92 dan pada Siklus II IPKG II yaitu 3,33 dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,41. Hasil penelitian di peroleh peningkatan Aktivitas Fisik pada Siklus I yaitu 60 % dan pada Siklus II yaitu sebesar 83,33 % dengan peningkatan 23,33 %. Peningkatan Aktivitas Mental pada Siklus I yaitu 20 % dan Siklus II yaitu sebesar 50 % dengan peningkatan sebesar 30 %. Peningkatan Aktivitas Emosional pada Siklus I yaitu 56,66 % dan Siklus II yaitu sebesar 86,66 % dengan peningkatan sebesar 30 %. Hasil penelitian di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 15 Toho. Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas belajar, Metode Role Playing Abstract : The problem in this research is the improvement of Students in Learning Activities using role playing in learning Indonesian Elementary School Fifth Grade 15 Toho. The method used is descriptive method . Research is a form of class action. Subjects were teachers and learners . This research was done during Cycle 2 . The results of the study ability of teachers to design learning in Cycle I totally IPKG ie 2,76 and the total IPKG Cycle II is 3,05 with an average increase of 0,29 . Results of research on teachers' ability to implement the learning obtained in Cycle I totally IPKG II is 2,92 and the Cycle II IPKG II is 3,33 with an average increase of 0,41 . Enhancement of research results obtained on Physical Activity Cycle I is 60 % and the second cycle is equal to 83.33 % with the increase of 23.33 % . Improvement of Mental Activity in Cycle I is 20 % and the second cycle is equal to 50 % with an increase of 30 % . Increased activity on the Emotional Cycle I is 56.66 % and the second cycle is equal to 86.66 % with an increase of 30 % . The results of the study concluded that by using role playing can enhance learners' learning activities in the learning Indonesian in Class V SDN 15 Toho. Keywords : Improvement , Learning Activities , Methods Role Playing